Serba-Serbi

Juan Manuel Fangio Jadi Google Doodle Hari ini

Juan Manuel Fangio Jadi Google Doodle Hari ini, Siapakah Dia?

Pada Hari Jumat tanggal 24/6/2016, laman utama mesin pencari Google menampilkan doodle baru. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-105 sosok Juan Manuel Fangio Deramo.

Desain doodle kali ini menampilkan gambar berdesain retro dengan elemen visual berupa mobil balap dan karikatur foto diri Fangio yang mengenakan helm dan kacamata pelindung.

Seperti yang digambarkan dalam doodle, Fangio merupakan sosok legendaris di dunia balap Formula 1. Dia adalah pebalap kelahiran Argentina yang kerap dijuluki El Maestro.

Juan Manuel Fangio Jadi Google Doodle Hari ini

Sosok Juan Manuel Fangio

Penggemar Formula One (F1) pasti tak pernah melupakan sosok Juan Manuel Fangio. Dirinya menjadi satu-satunya pembalap Amerika Latin yang berhasil meraih lebih dari tiga gelar juara dunia di balapan F1.

Total sudah lima gelar juara dunia ia kantongi yakni pada balapan 1951, 1954, 1955, 1956 dab 1957. Rekornya baru terpecahkan pada 2002 ketika itu Michael Schumacher keluar menjadi juara bersama dengan Ferrari.

Namun tak berhenti di situ, dua edisi selanjutnya juga berhasil dimenangkan oleh Schumi—sapaan akrab Schumacher— dan membuat Fangio harus merelakan posisi pertama pada pembalap yang tengah berjuang dari koma tersebut.

Mengabaikan sekolahnya untuk konsentrasi di dunia otomotif memang suatu hal yang tepat. Dirinya memulai balapan pertama pada GP Inggris dan di tahun yang sama berhasil meraih kemenangan pertamanya.

Nama besar pembalap Argentina tersebut membuat tim besar seperti Alfa Romeo, Maseratti, Mercedes, dan Ferrari menggunakan jasanya. Kini, masih ada pembalap yang mengincar rekor Fangio. Sebut saja Sebastian Vettel yang sudah memenangkan empat gelar dan kini membalap bersama Ferrari.

Prestasi Fangio dalam balapan Formula One dikenang oleh Google dengan media doodle. Maklum, Jumat (24/6/2016) merupakan hari kelahiran Fangio. Itu membuat hari ini sebagai ulang tahun ke-105 sang pembalap.

Juan Manuel Fangio Jadi Google Doodle Hari ini

Dia juga mengantongi angka tertinggi dalam hal persentase kemenangan di arena balap Formula 1, yaitu 46,15 persen. Dari 52 balapan yang diikuti Fangio, 24 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Seletah pensiun, Fangio menjabat sebagai presiden kehormatan Mercedes-Benz Argentina sejak 1987 hingga meninggal dunia pada 1995.

Sosok yang sering kali disebut sebagai salah satu pebalap terhebat sepanjang zaman ini dikebumikan di kampung halamannya di Balcarce, Buenos Aires, Argentina.